Sunday 29 April 2018

Belajar membuat wayang di hari dongeng



Taukah kamu bahwa dongeng itu banyak manfaatnya, terutama untuk anak-anak?
Salah satunya adalah mengembangkan imajinasi, meningkatkan ketrampilan berbahasa, membentukan kecerdasan emosi, kemampuan berempati dan masih banyak lagi.
Panggung Dongeng


Hari ini visit Buki bersama adik-adik Missil bertepatan dengan peringatan Hari Dongeng Internasional. Ya, setiap tanggal 20 Maret diperingati sebagai hari dongeng sedunia. Hayo siapa yang tidak suka mendengarkan dongeng? Apa dongeng favorit mu? Jadi hari ini adik-adik Missil akan belajar membuat ‘wayang’ yang nantinya akan digunakan sebagai properti untuk pertunjukkan dongeng. Oya ada yang berbeda loh dengan visit kita hari ini, kalau biasanya kita belajar di bawah kolong jembatan 3 hari ini kita akan belajar di aula RPTRA Darma suci.

Mengulas sedikit tentang tempat ini, ini adalah ruang terbuka ramah anak. Menurut saya fasilitas publik yang baru diresmikan oleh Pak Ahok pada tahun 2016 ini cukup menarik. Bagaimana tidak, dengan adanya tempat ini anak-anak punya tempat bermain, tempat mengekspresikan diri. Tempat yang saya sebut taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas pedukung seperti, lapangan untuk bermain sepak bola, ayunan, prosotan dan berbagai sarana bermain yang lain, juga ada aula sebagai pusat kegiatan, ada toilet, ruang perpustakaan dengan beberapa koleksi bukunya, tempat sampah juga koperasi yang dikelola oleh ibu-ibu disini. Tempat ini bersih dan tertata rapi, mungkin karena masih baru. Tapi semoga akan tetap bersih dan terjaga seperti ini ya.  

Acara visit hari ini dimulai jam 1 siang, kenapa siang? Karena pagi harinya adik-adik belajar bersama Kak Fitri dan kakak-kakak pendamping. Setelah berdoa dan berkenalan, selanjutnya adik-adik diajak untuk membaca buku bersama-sama. Hari ini Buku Berkaki membawakan 50 buku koleksinya yang akan ditukarkan dengan buku-buku yang sudah selesai dibaca oleh adik-adik disini. Sekitar 5 menit adik-adik asyik membaca bersama kakak krucil. Ada buku dongeng yang penuh gambar dan warna, buku ensiklopedia yang isinya menggugah rasa inin tau kita dan banyak lagi buku-buku menarik lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian kelompok. Saya dan Kak kadek bertugas sebagai MC dadakan nih, hehe


Membaca buku bersama


Karena tema kita hari ini adalah Hari Dongeng, jadi pembagian kelompok pun kita lakukan dengan cara mendongeng. Secara spontan saya mengarang cerita tentang seorang anak perempuan yang bernama Putri yang sedang berjalan-jalan ke kebun binatang bersama keluarganya. Cara bermainnya cukup mudah, pertama kita semua (adik-adik dan kakak volunteer) membuat lingkaran besar. Kemudian secara spontan akan membentuk kelompok sesuai dengan jumlah binatang yang disebutkan oleh Putri, misal “Putri melihat 5 ekor gajah di kebun binatang” maka anak-anak harus membuat kelompok yan beranggotakan 5 orang. Adik-adik seru berlarian mencari kelompok, saling tarik-menarik dan bergandengan tangan. Hingga akhirnya terbentuklah 5 kelompok yang masing-masing beranggotakan 6-7 orang, yaitu kelompok Bunga, Bulan, Matahari, Pelangi, Cemara dan Bintang.


Kelompok Bunga


Kelompok Cemara mau buat apa ya?


Setelah itu, masing-masing kelompok akan duduk melingkar dan tentu harus membuat yel-yel kelompok ya. Kemudian dibagikan 1 buku cerita kepada masing-masing kelompok beserta perlengkapan membuat wayang, seperti kertas warna, stik es cream, lem, mata-mata bonekah, gunting, crayon, spidol warna dll. Masing-masing kelompok harus membuat wayang tokoh yang ada di cerita tersebut yang kemudian nantinya akan dipentaskan di depan teman-teman yang lain. Setelah 45 menit berlangsung, masing-masing kelompok telah menyelesaikan wayang dan siap mementaskan dongengnya di panggung secara bergantian.







Berbagai ceritapun mereka tampilkan, ekspresi lucu dan polos saat mendongeng membuat kita yang menyaksikan turut bergembira. Ah rasanya bukan cuman anak-anak ya yang gemar mendengarkan dongeng, bahkan kita yang sudah dewasapun tetap menyukainya.

Kelima kelompok telah menampilkan dongeng dengan sangat bagus, dan kelompok cemara dengan cerita Timun Mas adalah kelompok dengan penampilan yang terbaik. Horeee!

Penampilan terbaik dari Kelompok Timun Mas

Acara kemudian dilanjutkan dengan kuis dan games, adik-adik antusias untuk menjawab kuisnya dan bahkan sampai berebutan. Wah sudah sore tapi masih semangat semuanya! Kemudian acara ditutup dengan membaca doa bersama, pembagian snack dan tidak lupa berfoto bersama wayang kesayangan kita hari ini.

Seru nya hari ini! Ah semoga hari ini menyenangkan ya adik-adik, menambah semangat dalam belajar dan tidak lupa, semoga bisa menumbuhkan kecintaan kita pada buku, sehingga semakin banyak anak yang gemar membaca. Kenapa sih kak, kita harus rajin membaca buku? Karena, meskipun dunia kita sekarang serba mudah, tinggal klik di genggaman dan semua sudah bisa kita dapatkan, tapi satu yang perlu diingat, bahwa buku adalah jendela dunia, sumber ilmu pengetahuan. Dari buku kita bisa tau apapun, bisa menjelajah dunia dan bisa melakukan banyak hal lainnya. Jadi jangan malas membaca buku ya!

---

Selamat hari dongeng. Tidak ada kata terlalu tua untuk mendengarkan dongeng kok! Karena banyak hal baik yang bisa kita dapat dari mendongeng dan mendengarkan dongeng, jadi yuk kita (belajar) mendongeng! 

0 komentar:

Post a Comment