Tuesday 21 November 2017

CERITA PENJAGA MIMPI DI FESTIVAL DONGENG INTERNASIONAL INDONESIA 2017


Hari ini saya diberikan kesempatan mewakili Buku Berkaki untuk mengisi dongeng di Festival Dongeng Internasional Indonesia 2017. FDII 2017 dilaksanakan pada tanggal 4-5 November 2017 di Perpustakaan Nasional Indonesia, tepatnya di lantai satu untuk panggung utama dan lantai 7 untuk Taman Cerita dan beberapa ruangan lain untuk workshopnya. Taman Cerita adalah panggung dongeng yang disiapkan di Perpustakaan Anak lantai 7. Selain mendengarkan dongeng, adik-adik juga dapat membaca buku-buku koleksi perpustakaan dan mewarnai serta bermain beberapa permainan tradisional, seperti bakiak dan congklak. Perpustakaan anak sendiri memiliki desain ruangan yang sangat bagus, dinding dan tiang-tiangnya dihiasi dengan mural berbagai cerita rakyat Indonesia.  

Sesuai rundown acara, saya mendapat jadwal di jam 11.30. Acara dimulai pada jam 09.00, dibuka oleh dongeng dari Kakak-kakak Ayo Dongeng Indonesia, Kemudian dilanjutkan dengan dongeng dari Kemendikbud, lalu dongeng dari Kak Rona Mentari dan teman-teman dari Rumah Dongeng Mentari, dan juga ada dongeng dari Bunda Sofi dan kakak-kakak dari Dongeng Kado Taman Jagakarsa. Pendongeng idola semua, adik-adik semangat dan antusias sekali mendengarkan dongeng sambil sesekali bernyanyi dan menari bersama. Duh bikin deg-degan aja nih!

Sampailah giliran saya, jujur saya panik dan demam panggung. Karena dibandingkan pengisi acara yang lain saya yang paling 'biasa'. Oya, hari ini saya tidak akan mendongeng melainkan membacakan cerita kepada adik-adik. Buku cerita yang saya pilih adalah Liburan Terbaik, buku dari Rabbit Hole. Kenapa saya memilih tema liburan? Karena sebentar lagi musim liburan sekolah akan tiba, adik-adik pasti senang jika diajak berlibur. Saya memilih untuk membacakan cerita dari buku seperti ini dengan harapan akan meningkatkan minat baca mereka, karena melihat bukunya dan ceritanya yang menarik jadi mereka akan tertarik untuk membacanya. 





Saya akan membacakan cerita tentang seorang anak yang diberikan dua pilihan tempat liburan sekolah oleh ayahnya, yaitu Toraja atau Jailolo. Masing-masing tempat punya keunikan tersendiri, jadi kira-kira kita mau kemana ya hari ini? 
Oya,sebelum bercerita saya mengajak adik-adik untuk bernyanyi dan menari bersama. Karena kita akan mendengarkan cerita tentang liburan, yuk kita nyanyi lagu Libur Tlah Tiba dulu! lagu Libur Tlah Tiba dari Tasya, ada yang masih hafal liriknya?hehe
Libur tlah tiba
libut tlah tiba
Hore..hore...horeee






Adik-adik begitu antusias mendengarkan cerita yang saya bacakan, apalagi berbagai fitur seperti buka-tutup dan popup halaman pada buku menambah antusias mereka untuk ikut aktif membaca buku secara langsung. Sampai-sampai saya sendiri merasa kuwalahan mengatur adik-adik yang maju ke panggung untuk membantu saya bercerita.







Disela-sela saya bercerita, tak lupa saya menyisipkan beberapa quiz, yaitu berupa pertanyaan tentang cerita yang sedang saya bacakan ini. Adik-adik yang berani menjawab akan mendapatkan hadiah, alhasil mereka selalu berlomba-lomba untuk mengangkat tangan dan menjawab pertanyaan tersebut. Bahagianya melihat mereka begitu bersemangat!












Cerita hari ini ditutup dengan pertanyaan, jadi mau kemana liburan sekolah nanti?  Ah senangnya!
Terimakasih adik-adik untuk 'panggungnya', untuk semangat, antusias dan energi positifnya. Senang rasanya bisa berbagi cerita menjelajahi keindahan alam dan adat-istiadat Toraja dan Jailolo bersama adik-adik hebat hari ini. Next time, rasanya saya perlu belajar mendongeng dengan 'serius', untuk apa? Agar tidak mengecewakan adik-adik yang mendengarkan, agar bisa menyampaikan lebih banyak lagi pesan indah lewat dongeng untuk adik-adik hebat disekitar saya. 

---

2 comments:

  1. Seru... sangat menyenangkan sepertinya. Jadi kepengen malah. Lanjutkan impian mulia mu bu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca cerita saya. Iya betul seru sekali, yuk kak dicoba ikutan ngedongeng hehe :)

      Delete